BELAJAR DARI KEGAGALAN BLOG ENGINEERSIPIL - Lensa Banua

Lensabanua merupakan sebuah blog yang menjadi sumber informasi dan inspirasi. Memberikan solusi dan opini yang berbeda. Serta mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para pengunjungnya dengan menghadirkan bacaan bacaan yang ringan dan bermanfaat.

Latest Update
Fetching data...

29 June 2019

BELAJAR DARI KEGAGALAN BLOG ENGINEERSIPIL

Kegagalan adalah sebuah pengalaman yang berharga. Sedangkan pengalaman adalah guru yang paling baik. Namun apakah kita harus mengalami kegagalan terlebih dahulu agar mendapatkan pelajaran? 

Jawabannya tentu saja tidak.
Kita tidak harus mengalami kegagalan terlebih dahulu untuk belajar. Kita masih bisa belajar dari kegagalan orang lain. Begitu pula dalam dunia blogging. Hampir semua blogger saya rasa pernah merasakan kegagalan meskipun dalam hal dan standar yang mungkin berbeda beda.
BELAJAR DARI KEGAGALAN BLOG, tips ngeblog, belajar membuat blog, blogger

Banyak blogger sukses yang menceritakan bagaimana kesuksesannya namun sering lupa menceritakan kegagalan apa yang pernah dilaluinya. Lupa menceritakan berapa kali dia gagal dan bagaimana dia bangkit serta belajar dari kegagalan tersebut.
Oleh karena itu, pada kesempatan yang langka ini saya akan sedikit berbagi kisah, berbagi cerita atas kegagalan yang pernah saya alami dalam mensukseskan sebuah blog.

Ciyeee.. so so an berbagi cerita kegagalan. Emangnya udah pernah sukses??? hahaha

Sebenarnya saya juga masih blogger gagal. Karena tidak punya cerita sukses makanya cerita kegagalannya saja yang saya bagikan.  Harapan saya, Dengan ini semoga bisa menjadi sebuah pelajaran bagi anda. Dan agar anda tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama seperti yang telah saya lakukan. 

Tahun 2013 adalah awal mula saya mulai mengenal blog (menulis blog). Blog pertama yang saya buat adalah engineersipil.blogspot.com. (blog tersebut telah lama dihapus. Saat ini Jika ada yang menggunakan domain tersebut berarti itu bukan milik saya) isinya adalah artikel artikel yang berkaitan  dengan ketekniksipilan. karena saya adalah lulusan teknik sipil jadi topik inilah yang saya pilih sebagai bahan tulisan. Selain untuk mengisi waktu luang disaat jadi pengangguran, tujuan awal membuat blog ini adalah agar saya mendalami lagi, belajar lagi, mengingat kembali apa yang sudah saya pelajari saat kuliah. 

Sungguh niat yang mulia yaaa 😄😄

Seiring berjalannya waktu muncul tujuan lain. Yaitu, untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari blog. Singkat cerita didaftarkanlah blog tersebut untuk menayangkan iklan dari google (adsense). Satu hari berselang langsung mendapat penolakan dari google adsense.

Saya perbaiki lagi blog tersebut sesuai dengan alasan yang diberikan dalam email penolakan itu. saya daftarkan lagi. Ditolak lagi.

Saya browsing lagi tentang bagaimana cara agar bisa diterima adsense. Saya perbaiki lagi, Daftarkan lagi dan ditolak lagi.

Saya Ikuti saran dari berbagai forum dan dari blog lain. Perbaiki lagi, daftarkan lagi, dan lagi lagi ditolak. Begitu terus hingga Total 18 kali pengajuan dan 18 kali penolakan yang saya terima di tahun 2013 itu. Sebelum akhirnya blog tersebut saya nyatakan gagal.

Belajar dari kegagalan blog engineersipil


Namun semua itu tidaklah sia sia. dari kegagalan tersebut ada banyak sekali pelajaran yang saya dapat terima. Diantaranya:
  • Ada webmaster tools ( search console) dan google analytic yang perlu diperhatikan. Sebagai pemula tools ini seringkali terabaikan karena ketidaktahuan seperti yang dulu pernah saya lakukan. 
Sebaiknya lihat juga: Cara menggunakan url inspection pada google search console baru agar artikel cepat terindeks
  • Ada yang namanya SEO atau search engine optimization. 
  • Jangan terlalu cepat mendaftarkan blog ke adsense. Sebaiknya daftarkan setelah mendapat backlink dari google.
  • Jangan mem-paste-kan tulisan dari file microsoft word ke draf artikel blog secara langsung.
Selain hal hal yang saya sebutkan diatas masih banyak lagi pelajaran lain yang dapat saya ambil dan akan saya bagikan pada kesempatan yang lain. jika anda mempunyai pengalaman yang juga ingin dibagikan. Jangan ragu untuk menyampaikannya. silahkan anda sampaikan melalui form komentar yang tersedia. kami sangat senang jika anda bersedia berbagi bersama kami.