Cara menggunakan url inspection pada google search console baru agar artikel cepat terindeks - Lensa Banua

Lensabanua merupakan sebuah blog yang menjadi sumber informasi dan inspirasi. Memberikan solusi dan opini yang berbeda. Serta mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para pengunjungnya dengan menghadirkan bacaan bacaan yang ringan dan bermanfaat.

Latest Update
Fetching data...

09 June 2019

Cara menggunakan url inspection pada google search console baru agar artikel cepat terindeks

Masih ingat dengan fitur fetch as google pada Search console? fetch as google merupakan salah satu fasilitas yang disediakan google untuk mendaftarkan artikel baru anda agar cepat di-index atau terdaftar di mesin pencarian google. Namun sayangnya saat ini fitur tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi karena Search console telah diperbarui.

Pada Search console terbaru, terdapat fitur baru yang fungsinya sama dengan fitur fetch as google terdahulu. fitur tersebut ialah url inspection. Dengan menggunakan url inspection anda dapat dengan mudah mendaftarkan alamat link postingan yang baru anda publikasikan agar cepat diindeks atau terdaftar di mesin pencarian google. Berikut adalah langkah-langkah atau cara untuk menggunakan url inspection pada google search console baru:

search console baru, url inspection

Cara menggunakan url inspection pada google search console baru agar artikel cepat terindeks:

  1. masuk ke dashboard baru google search console anda
  2. masukkan url atau alamat link artikel baru anda yang ingin diindex pada kotak url inspection yang berada di menu bar bagian atas. kemudian tekan enter.
  3. Untuk artikel yang baru dipublikasikan akan muncul peringatan bahwa URL is not on Google atau artikel tersebut belum diindex oleh google. klik TEST LIVE URL untuk memeriksa alamat link yang baru anda masukkan tersebut. Hal ini akan memakan waktu satu atau dua menit. jika berhasil maka akan muncul peringatan bahwa alamat link tersebut telah tersedia (URL is available to Google)
  4. klik request indexing. Kemudian silahkan tunggu beberapa saat search console akan memeriksa dan melakukan uji coba terhadap link yang anda kirim tersebut. Apabila berhasil akan muncul notifikasi bahwa pengindeksan telah diminta (indexing requested). Anda cukup melakukannya hal ini satu kali karena mengirimkan halaman atau meminta pengindeksan beberapa kali tidak akan mengubah posisi atau prioritas antrian pengindeksan tersebut.
  5. selesai
bagaimana? Sangat mudah bukan?
demikianlah cara singkat menggunakan fitur url inspection pada google search console baru untuk mempercepat artikel baru anda diindeks oleh google.