CARA MEMILIH NICHE BLOG YANG BAGUS UNTUK ADSENSE - Lensa Banua

Lensabanua merupakan sebuah blog yang menjadi sumber informasi dan inspirasi. Memberikan solusi dan opini yang berbeda. Serta mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para pengunjungnya dengan menghadirkan bacaan bacaan yang ringan dan bermanfaat.

Latest Update
Fetching data...

27 September 2019

CARA MEMILIH NICHE BLOG YANG BAGUS UNTUK ADSENSE

Apakah anda Ingin membuat sebuah  blog tapi bingung memilih niche blog apa yang sesuai dengan anda? Anda beruntung karena telah menemukan artikel ini, Lensabanua akan membagikan bagaimana cara memilih atau menentukan niche blog yang sesuai untuk anda.

Untuk memilih tema blog atau niche yang pertama anda harus tentukan adalah tujuan anda dalam membuat blog. Apakah anda membuat blog dengan tujuan untuk berbagi atau sekedar untuk hobi anda? Atau untuk mendapatkan penghasilan dari blog?

Jika anda membuat blog untuk berbagi atau sebagai sebuah hobi yang anda sukai, anda tidak perlu bingung memilih niche blog. Pilih saja niche yang anda sukai tersebut apapun itu. Dengan memilih niche blog yang sesuai dengan hobi atau hal yang anda sukai maka anda tidak akan kehabisan ide tentang apa yang akan anda tulis nantinya.

Banyak blogger sukses yang berawal dari hanya sekedar berbagi apa yang mereka sukai namun pada akhirnya mereka malah mendapat penghasilan dari hal tersebut. Jika hal tersebut terjadi pada anda, tentu akan sangat menyenangkan bukan?

Berbeda jika tujuan anda adalah untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah blog. Diperlukan berbagai strategi dan analisa bahkan sebelum anda menentukan niche blog yang akan anda buat.
Ada berbagai macam cara untuk menghasilkan pendapatan melalui sebuah blog. Salah satunya adalah menjadi seorang publisher adsense.
Pada kesempatan kali ini Lensabanua akan membagikan bagaimana cara memilih niche blog yang bagus atau sesuai untuk adsense.

Cara memilih niche blog yang sesuai untuk adsense

  • Kenali pasar pengiklan
Pada program adsense saat ini terdapat 22 kategori iklan dengan jumlah sub-kategori yang berbeda beda. Berikut adalah daftar kategori dan jumlah dari masing masing sub-kategorinya:
  1. Kesehatan, 65 sub-kategori
  2. Keuangan, 52 sub-kategori
  3. Hobi, game, & kesenangan, 49 sub-kategori
  4. Rumah dan taman, 27 sub-kategori
  5. Toko makanan dan kelontong, 27 sub-kategori
  6. Komputer & barang elektronik, 26 sub-kategori
  7. Keluarga & komunitas, 26 sub-kategori
  8. Olahraga & kebugaran, 24 sub-kategori
  9. Bisnis & industri, 24 sub-kategori
  10. Seni & hiburan, 23 sub-kategori
  11. Perjalan & pariwisata, 23 sub-kategori
  12. Busana, 18 sub-kategori
  13. Internet & telekom, 18 sub-kategori
  14. Perawatan kecantikan & pribadi, 17 sub-kategori
  15. Mobil & kendaraan, 16 sub-kategori
  16. Pekerjaan & pendidikan, 11 sub-kategori
  17. Berita, buku, & publikasi, 11 sub-kategori
  18. Acara & hadiah, 10 sub-kategori
  19. Utilitas aplikasi seluler, 9 sub-kategori
  20. Makan & kehidupan malam, 7 sub-kategori
  21. Hukum & pemerintah, 7 sub-kategori
  22. Real estate, 6 sub-kategori
Perlu diperhatikan bahwa jumlah sub-kategori tidak mewakili dari jumlah iklan yang tersedia. Semakin banyak sub-kategori maka cakupan iklannya akan semakin luas dan itu dapat berakibat iklan tidak tertarget dengan sempurna. Untuk mengatasi masalah tersebut maka niche blog dapat dipersempit pada sub-kategorinya saja.

Nah bagaimana? Sekarang anda tentu sudah memiliki bayangan tema apa yang sesuai untuk anda.
Sekarang kita lihat dari sisi yang berbeda. Yaitu,
  • Mengenali target pengunjung anda
Tidak bisa dipungkiri, penghasilan terbesar para publisher adsense didapat dari jenis iklan yang membayar untuk setiap kliknya (pay per click). Untuk itu targetkan pada pengunjung yang memiliki potensi klik iklan yang baik dan memiliki pasar yang luas.

Kita ilustrasikan seperti ini.

Jika ingin mentargetkan pengunjung usia sekolah maka pilihlah kategori pendidikan atau game. Jika ingin mentargetkan pengunjungnya adalah emak emak maka pilihan niche blog dengan kategori memasak mungkin lebih sesuai. Intinya adalah seperti itu, semakin besar jangkauan pengunjungnya akan semakin baik. Karena semakin banyak pengunjung maka potensi pendapatan juga akan semakin besar.

Pengunjung yang tidak begitu peduli atau awam mengenai iklan diblog akan lebih berpotensi melakukan klik iklan dibanding dengan pengunjung yang sama sama mencari penghasilan lewat blog.
Pengunjung yang telah mengenal iklan akan lebih tertarik melakukan klik pada iklan yang sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga sangat penting untuk menciptakan blog yang tertarget dengan baik.

Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa niche terbaik untuk adsense dan bagus untuk anda adalah niche blog yang sesuai dengan kategori iklan adsense, sesuai dengan hobi atau keahlian anda, dan memiliki sasaran pengguna yang tertarget dengan baik.
memilih tema blog, niche blog, sesuai adsense, bagus
Lihat juga: 4 langkah jitu untuk membuat blog yang sukses
Demikianlah cara memilih niche blog yang dapat kami bagikan. jika anda mempunyai cara lain atau mempunyai tambahan pendapat silahkan anda sampaikan pada form komentar yang tersedia. Kami akan dengan senang hati menerimanya. Semoga bermanfaat.