MASIH BELAJAR DARI KEGAGALAN BLOG - Lensa Banua

Lensabanua merupakan sebuah blog yang menjadi sumber informasi dan inspirasi. Memberikan solusi dan opini yang berbeda. Serta mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para pengunjungnya dengan menghadirkan bacaan bacaan yang ringan dan bermanfaat.

Latest Update
Fetching data...

02 November 2019

MASIH BELAJAR DARI KEGAGALAN BLOG

Beberapa saat yang lalu saya telah membagikan cerita mengenai kegagalan blog pertama saya dan juga pelajaran apa yang dapat ambil dari kegagalan tersebut.  Pada kesempatan kali ini saya masih akan membagikan kisah akan kegagalan blog saya lainnya. Yaitu kumpulengineer.com

Blog ini awalnya dibuat dengan tujuan yang sama dengan blog engineersipil namun dibuat dengan memperbaiki kesalahan kesalahan pada blog pendahulunya tersebut.

Blog kumpulengineer masih aktif sampai dengan sekarang. Jika anda ingin, anda dapat mengetahui tentang blog ini di halaman about kumpulengineer.

Meskipun masih aktif, blog ini belum dapat dinyatakan sebagai blog yang sukses menurut saya. Karena terdapat banyak kekurangan yang masih perlu diperbaiki.

Kekurangan kekurangan pada blog kumpulengineer adalah :


  • Trafik harian yang tidak stabil

Jumlah pengunjung kumpulengineer akan menurun ketika hari libur. Penurunan pengunjung bahkan bisa mencapai 50% dari hari biasanya.
belajar dari pengalaman, kegagalan blog, trafik blog, gaya penulisan blog

Gambar diatas merupakan grafik pengunjung harian dari blog kumpulengineer selama satu bulan. Dari gambar di atas dapat kita lihat pengunjung mulai menurun di hari rabu terus menurun hingga membentuk lembah terdalam di hari sabtu. kemudian pada hari minggu mulai menanjak kembali hingga membentuk puncak di hari senin atau selasa.

Beginilah nasib blog kumpulengineer. Pada saat liburan dan atau hari hari mendekati liburan pengunjung akan berkurang. Karena itulah untuk mensiasatinya saya membuat lagi blog lain dengan niche atau tema blog yang berbeda. Salah satunya adalah lensabanua ini.

  • Gaya penulisan yang kaku

Hal ini sangat terlihat pada artikel artikel yang diposting pada awal dibuatnya blog kumpulengineer. 
Pada awalnya saya berharap blog tersebut dapat menjadi sumber referensi bagi para pengunjungnya. Sehingga saya membuat tulisan dengan gaya yang formal dan cenderung menghindari kalimat kalimat yang memunculkan sisi penulisnya. Namun lama kelamaan saya menyadari perlu perubahan pada gaya penulisannya agar tidak terlalu kaku dan membosankan.

  • Menggunakan permalink otomatis

Dulu, pengaturan permalink atau permanen link pada draft artikel yang ingin di-publish selalu saya abaikan. Alasannya sederhana. cuma karena tidak tahu saja. Hal itu ternyata membuat artikel tersebut kurang SEO katanya. Makanya sekarang mengatur permalink telah masuk daftar checklist wajib sebelum artikel di-publish.

  • Tidak konsisten dalam membuat artikel

Ini masalah yang paling besar dan sulit saya atasi sampai dengan sekarang. Alasannya seperti yang pernah saya sebutkan dalam membaca untuk menulis, menulis untuk bicara.

Menulis itu berat kawan!:)

Sempat juga terlintas untuk membeli artikel hanya untuk menjaga agar blog tersebut dapat rutin menghadirkan artikel artikel terbaru. Namun hal tersebut diurungkan.

Masalah blog yang tidak rutin update menunjukkan kalau ada masalah dengan diri saya sendiri sebagai penulisnya. Jika saya berhasil mengatasi hal ini maka itu pertanda saya telah berhasil untuk meningkatkan kualitas diri.

Rutin menulis adalah barier yang harus dilewati untuk menulis yang lebih baik.