TETAP BELAJAR DARI KEGAGALAN BLOG - Lensa Banua

Lensabanua merupakan sebuah blog yang menjadi sumber informasi dan inspirasi. Memberikan solusi dan opini yang berbeda. Serta mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para pengunjungnya dengan menghadirkan bacaan bacaan yang ringan dan bermanfaat.

Latest Update
Fetching data...

28 November 2019

TETAP BELAJAR DARI KEGAGALAN BLOG

Seperti yang telah saya sampaikan pada cerita kegagalan blog kumpulengineer, traffik yang tidak stabil dan juga gaya penulisan yang kaku menjadi pendorong utama untuk mencoba membuat blog yang berbeda.

Beberapa blog yang lahir setelah kumpulengineer diantaranya adalah humorinformasi, katamu.id, dan bribucara. Ketiga blog ini telah turut memperpanjang cerita kegagalan saya dalam menulis.

Pada kesempatan ini saya akan membahasnya satu persatu. Semoga ada pelajaran yang dapat anda ambil dari cerita kegagalan ini.

Kegagalan blog humorinformasi

belajar dari kegagalan blog humorinformasi

Seperti namanya. humorinformasi dibuat dengan tujuan dapat memberikan informasi dan hiburan tersendiri bagi pembacanya. 

Menghadirkan gaya penulisan yang berbau candaan namun tetap berisi informasi menjadi pembeda blog ini dari blog kumpulengineer pendahulunya. 

Saat ini blog humorinformasi sedang dalam masa kekosongan. Tidak ada update terbaru dan tidak ada yang mengunjungi. Bahkan lebih sepi dari pada hati kamu... 

Iya.. hati kamu... haha

Kegagalan utama dari blog ini adalah dari sisi penulisannya sendiri. Sulit sekali membuat gaya penulisan yang humoris. salah salah bukannya lucu malah menjadi alay dan garing. Seperti blog humorinformasi di mata saya. Hingga akhirnya sayapun merasa enggan untuk melanjutkannya.

Kalau anda tidak percaya silahkan saja anda lihat sendiri di humorinformasi

Bagaimana??? Anda sudah melihatnya??? Agak memalukan ya?? He.. 
Begitulah adanya. Makanya blog tersebut Sudah saya nyatakan gagal.

Kegagalan blog katamu.id

belajar dari kegagal blog katamu.id, blog kata kata bijak

Blog ini terinspirasi dari qoutes atau kata-kata yang sering menjadi dp (display picture) bbm kala itu. Sehingga setiap artikelnya disertai gambar gambar yang berisi kata-kata kutipan dari artikelnya. 

Pada awalnya blog ini beralamatkan di katakitakatamu.blogspot.com kemudian berganti menjadi katamu.id. harapannya dengan menggunakan TLD bisa jadi lebih produktif dalam menulis karena ada biaya yang dikeluarkan. Namun kenyataannya sungguh berbeda. 

Setelah satu tahun menggunakan nama katamu.id, domain tersebut tidak diperpanjang lagi. karena mempertimbangkan kinerja blog yang terbilang tidak terimbangi dengan biaya yang dikeluarkan. Akhirnya blog ini kembali ke domain awal di katakitakatamu.blogspot.com

Kegagalan blog bribucara

Ini satu satunya blog amp yang pernah saya buat. Blog ini hanya sempat diisi dengan satu artikel sebelum akhirnya blog ini resmi saya hapus. 

Alasannya karena membuat artikel yang valid amp lumayan ribet bagi saya yang tidak menguasai coding. Untuk dapat menerbitkan satu artikel itu saja saya harus bolak balik melakukan pengecekan valid amp. Ini terlalu membuang waktu bagi saya.

Untuk membuat satu artikel biasa saja saya tidak dapat rutin menerbitkan artikel baru apa lagi untuk artikel yang valid amp. Tambah berat jadinya.