GARA GARA GOOGLE ! TERLUKA TAPI TIDAK BERDARAH - Lensa Banua

Lensabanua merupakan sebuah blog yang menjadi sumber informasi dan inspirasi. Memberikan solusi dan opini yang berbeda. Serta mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para pengunjungnya dengan menghadirkan bacaan bacaan yang ringan dan bermanfaat.

Latest Update
Fetching data...

07 February 2020

GARA GARA GOOGLE ! TERLUKA TAPI TIDAK BERDARAH

Terluka tapi tidak berdarah.

Mungkin kata kata ini yang dapat mewakili kegalauan saya saat ini. Bagaimana tidak. Pengunjung blog terus menerus turun sejak desember tahun lalu. Adanya update algoritma pada mesin pencarian google menjadi alasan utama. 

Google memang selalu melakukan pembaharuan algoritma pencairan mereka namun tidak pernah memberikan efek negatif sebelumnya. Beberapa bulan yang lalu selalu berdampak positif. Pengunjung blog terus meningkat setiap bulannya. Berbeda dengan bulan desember lalu.
Jumlah tayangan halaman kumpulengineer mulai menurun 11,31 % dari bulan sebelumnya. 

Dengan penurunan sebesar itu secara langsung juga mempengaruhi pendapatan adsense dari blog tersebut. Bayangkan. Penurunan pendapatan hampir mencapai 20%. tepatnya 19,80%. seperti yang terlihat pada gambar yang diambil dari google analytics berikut:

data analytics kumpulengineer, tampilan halaman

Selain adanya update algoritma, bulan desember juga terdapat momen libur panjang. Hal ini turut mempengaruhi penurunan jumlah pengunjung blog dengan tema pendidikan. Hal inilah yang menjadi dasar saya menyatakan kegagalan blog kumpulengineer  waktu lalu.

Tidak banyak yang dapat dilakukan. Saya hanya rutin membuat artikel di bulan desember itu. Setidaknya ada 9 artikel yang dapat diterbitkan. Namun tidak mampu juga menahan laju penurunan dari jumlah pengunjung.

Saya hanya berharap januari bisa lebih baik.

Siapa sangka. Januari juga mengecewakan. Bukannya pengunjung bertambah justru sebaliknya. Seperti diskon saja. Turun lagi hingga 18,03 %. Dan Pendapatan adsense lebih parah lagi penurunannya. Mencapai 40,80 % dari bulan sebelumnya. Terasa menambah luka saja namun tetap tidak berdarah.

data tayangan halaman analytic google

Di januari-pun tak banyak yang dapat saya lakukan. Tak ada update artikel seperti sebelumnya. Semakin berat itulah alasannya.

Yang sempat saya lakukan adalah menolak backlink yang saya anggap memiliki kualitas buruk. Dan dengan melakukan ini saya berharap februari akan menjadi semakin baik. 

Kini minggu pertama di bulan februari telah berakhir. Namun tidak ada perubahan positif yang terjadi. Jumlah tayangan halaman dan jumlah pendapatan masih mengalami penurunan dibandingkan dengan periode yang sama bulan lalu. Persentase penurunannya terbilang cukup besar. Jumlah tayangan halaman berkurang 36,31 %. sedangkan jumlah pendapatan berkurang 14,11 %.

Serasa babak belur. Tetap positif. semua ini akan berakhir.
dari pada pusing memikirkan update algoritma google yang diluar kendali kita sebagai blogger lebih baik kita fokus menulis saja. mengejar target 2020.