Suspensi saham PT. Thipone Mobile Indonesia Tbk. (TELE)

Setelah hampir satu tahun saya turut serta meramaikan pasar modal indonesia, baru kali ini ada saham yang masuk portfolio saya yang di suspensi. Suspensi saham atau penghentian sementara perdagangan saham dilakukan oleh BEI (PT. Bursa Efek Indonesia ) sebagai otoritas bursa. Suspensi diberikan sebagai sanksi atau hukuman bagi emiten atas adanya pelanggaran atau hal lainnya yang dilakukan BEI untuk memberikan perlindungan kepada investor.

harga saham, pergerakan bursa, suspensi

Pada hari kamis tanggal 13 lalu saya membeli beberapa lot saham PT. Thipone Mobile Indonesia Tbk. (TELE). Keesokannya harga saham mengalami kenaikan. Saham tersebut saya jual dengan keuntungan sekitar 5,58 %. 

Setelah mendapat keuntungan, di hari itu juga saya membeli lagi saham perusahaan tersebut. Bahkan dengan volume yang lebih banyak dari sebelumnya. 

Sabtu minggu bursa tutup. Senin buka lagi. Harga saham dengan kode TELE tersebut terkoreksi. Terjadi penurunan sekitar -2,47% dari harga penutupan sebelumnya. Tetap saya hold saham tersebut.

Alangkah kagetnya saya, kira kira jam 22.30 senin malam itu. Salah satu anggota grup investor di wa membagikan surat pemberitahuan bahwa saham PT. Thipone Mobile Indonesia disuspensi atau dilakukan penghentian sementara perdagangan sahamnya dengan alasan adanya penundaan pembayaran bunga ke-4 dan pelunasan pokok atas Obligasi Berkelanjutan II Thipone Tahap I tahun 2019. Suspensi diberlakukan sejak tanggal 18 februari hari ini hingga ada pengumuman lebih lanjut.

Sempat GALAU juga, karena hal ini akan berakibat dana investasi saya akan mengendap tanpa ada kepastian dan tanpa ada yang bisa saya lakukan hingga suspensi tersebut dicabut. Bahkan bisa menyebabkan kerugian karena seringkali saham saham yang terkena suspensi akan mengalami penurunan harga yang cukup signifikan setelah suspensi dicabut.

Kabar baiknya, barusan saya mendapatkan informasi adanya pencabutan atas suspensi saham PT. Thipone Mobile Indonesia tersebut. Setelah kesalahpahaman administrasi diselesaikan oleh pihak perusahaan tersebut. Pihak BEI akan membuka kembali perdagangan sahamnya besok tanggal 19 februari. Mari kita lihat sama sama bagaimana pergerakan harga sahamnya besok.

Belum satu minggu sahamnya dimiliki, sudah memberikan kejutan dan pembelajaran baru. Pasar modal memang penuh misteri :)

No comments for "Suspensi saham PT. Thipone Mobile Indonesia Tbk. (TELE)"