cara menyimpan daging di kulkas agar tahan lama

Daging adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Jika tidak disimpan dengan cara yang benar, daging akan dipenuhi bakteri dan cepat membusuk. 

Cara menyimpan daging sangat berpengaruh terhadap kualitas dari daging itu sendiri. Dengan cara penyimpanan yang tepat, daging dapat bertahan hingga berbulan-bulan. 

Salah satu cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan menyimpan daging di dalam kulkas atau freezer. Namun saat menyimpan daging di kulkas jangan dilakukan dengan asal asalan. ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kualitasnya tetap terjaga.

Berikut adalah hal hal yang perlu diperhatikan saat menyimpan daging agar bertahan lama dan kualitasnya terjaga:

  • Pastikan daging yang akan disimpan dalam keadaan segar.

Sebelum menyimpan daging yang dibeli atau yang dibagikan kepada pian (misalnya daging kurban) sebaiknya diperiksa kesegarannya. Ciri ciri daging yang masih dalam keadaan segar diantaranya adalah memiliki warna merah segar sesuai warna alaminya, berbau khas daging, serta tekstur daging masih padat dan kenyal.

Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas atau freezer daging tersebut tidak perlu dicuci Karena jika dilakukan akan menambah kadar air pada daging. Kadar air yang berlebih akan membuat daging membeku dan akan merusak teksturnya. 

  • Masukkan daging dalam wadah yang tertutup.

menyimpan daging

Hal ini juga berfungsi untuk mencegah bahan makanan lain yang ada di kulkas terkontaminasi oleh daging. Karena pada dasarnya pada daging sudah terdapat berbagai macam bakteri. Gunakan wadah atau kantong plastik yang terbuat dari bahan yang aman untuk makanan (food grade).

  • Jika daging yang akan disimpan dalam jumlah banyak, sebaiknya pian membaginya dalam beberapa wadah. 

Setiap wadah kira kira diisi daging untuk satu kali konsumsi. Dengan begitu ketika ingin diolah tidak perlu semua daging dikeluarkan dari freezer. Daging yang telah dikeluarkan dan bersentuhan dengan udara luar sebaiknya langsung diolah jangan dikembalikan ke dalam freezer atau disimpan lagi.

No comments for "cara menyimpan daging di kulkas agar tahan lama"